Air Terjun Abadi Madakaripura Bromo

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa dan kedua di Indonesia, di kenal sebagai Air terjun Abadi di lereng Gunung Bromo

wisata air terjun madakaripura bromo

Air Terjun Madakaripura, Air Terjun setinggi 200 meter ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi ke dua di Indonesia, terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Madakaripura adalah salah satu air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya berada di lereng Gunung Bromo. Air Terjun Madakaripura dikenal dengan sebutan "Air Terjun Abadi" karena aliran airnya yang selalu melimpah dan tidak pernah berkurang debit airnya.

Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Wisata Air Terjun Madakaripura

wisata air terjun madakaripura, probolinggo

Madakaripura artinya adalah tanah perdikan milik Mahapatih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit. Diambil dari kata "Mada" yaitu Gajah Mada, "Kari" artinya peninggalan, sedangkan "Pura" artinya tempat sembahyang atau bertapa. Air Terjun ini dipercaya pernah digunakan oleh Mahapatih Gajah Mada sebagai tempat untuk bertapa.

Air Terjun Madakaripura secara Administratif berada di perbatasan 3 desa yaitu, Desa Negororejo di bagian utara, Desa Sapih dibagian selatan dan Desa Wonorejo di bagian Barat, Kecamatan Lumbang Kabubaten Probolinggo. Air Terjun ini berada di ketinggian 1.000 meter diatas perrmukaan laut.

Perjalanan menuju ke air terjun ini pemandangannya sangatlah indah dan memanjakan mata, melewati pohon-pohon besar, melewati sungai-sungai dan udaranya yang segar. Disarankan buat wisatawan memakai sandal gunung atau sepatu yang kuat dan tahan air dalam perjalanan menuju ke Air Terjun Madakaripura. Perjalanan ditempuh kurang lebih satu jam dengan suasana yang cukup dingin, untuk itu baju ganti, jas hujan atau payung perlu anda bawa juga.

Memang jalan menuju ke air terjun utama anda harus berjalan lebih jauh sedikit dengan menaiki tebing yang cukup licin dan sempit, tapi akan terbayar begitu melihat Air Terjun Madakaripura yang berdinding melingkar karena anda akan terlihat seperti berada dalam botol, sungguh sangat indah. Anda bisa mengambil gambar pemandangan sekitar air terjun atau berfoto instagramable.

Open trip bromo dari malang dan batu open trip bromo damri dari surabaya private trip bromo dari malang, batu dan surabaya

Waktu Terbaik untuk berkunjung ke Madakaripura

wisata air terjun madakaripura bromo

1. Pada pagi hari, karena selain cuacanya masih sejuk dan sepi pengunjung, anda akan mempunyai waktu yang panjang berada di lokasi wisata ini.
2. Sebisa mungkin jangan berkunjung pada saat musim hujan, karena aliran sungai yang mengaliri air terjun ini sewaktu-waktu volume debitnya bisa berubah.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena pihak pengelola telah membangun sebuah rumah atau pos yang di jaga 24 Jam untuk memantau keadaan di sungai tersebut. Seumpama keadaan sedang hujan dan air sungai sedang pasang, petugas yang berjaga akan menginformasikan ke petugas yang ada di kawasan air terjun utama, agar wisatawan segera di evakuasi. Tindakan ini untuk mengantisipasi dan meminimalisir bahaya yang tidak diinginkan.

Disarankan juga kepada wisatawan untuk memakai jasa guide lokal, mengingat jalur yang akan dilalui menuju air terjun utama banyak bebatuan dan batang pohon yang sewaktu-waktu bisa jatuh dari atas lembah. Disamping itu jasa guide bisa di manfaatkan untuk membawa tas pengunjung jika diperlukan dan demi keamanan para pengunjung juga. Masalah biaya atau jasa dari guide lokal, tidak mematok harga melainkan seikhlasnya dari wisatawan untuk membayar jasa mereka. Umumnya yang menjadi guide adalah warga sekitar lokasi wisata ini dan untuk mengetahui kalau mereka adalah guide, karena menggenakan rompi khusus.

Rute Menuju ke Air Terjun Madakaripura

paket wisata air terjun madakaripura bromo

Air terjun Madakaripura bisa dicapai dari Malang ataupun Probolinggo. Dari Probolinggo Anda bisa naik bus besar ke arah Tongas dan turun di pertigaan Tongas.Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan angkot tujuan Air Terjun Madakaripura. Perjalanan dari pertigaan Tongas ke Air terjun Madakaripura penuh dengan pemandangan bagus dan jalan yang dilalui tidak cukup nyaman, tapi semua itu akan terbayar jika anda sudah sampai di pintu gerbang Air Terjun Madakaripura.

Harga Tiket Masuk dan Jam buka Wisata Madakaripura

Untuk menikmati keindahan air terjun Madakaripura pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk wisata dan harganya cukup terjangkau, cukup dengan membayar Rp 11.000 untuk hari biasa dan Rp 13.000 untuk akhir pekan. Untuk Wisatawan Asing Rp 22.000 hari biasa dan Rp45.000 akhir pekan. Sedangkan Jam Operasional Air Terjun Madakaripura, wisatawan bisa berkunjung setiap hari buka dari pagi Jam 08.00 sampai Jam 16.00, baik hari biasa (Weekday) maupun akhir pekan (Weekend).

Fasilitas Wisata Air Terjun Madakaripura

fasilitas air terjun madakaripura probolinggo

Di dekat pintu masuk utama Air Terjun Madakaripura, terdapat area parkir khusus sepeda motor. Fasilitas seperti toilet, kamar mandi, toko suvenir dan mushola ada di sekitar pos retribusi. Toilet di kawasan wisata ini bersih, bersumber langsung dari air terjun. Sepanjang perjalanan turun terdapat banyak kotak sarang lebah buatan warga sekitar untuk mendapatkan madu segar. Madu alami tersebut dijual pada banyak warung dan rumah warga sekitar kawasan. Di depan pintu masuk terdapat warung-warung di mana wisatawan bisa menikmati santapan ditemani pemandangan. Dari pintu masuk sampai air terjun utama kondisinya masih sangat alami. Beberapa penjual menawarkan jas hujan, sandal, dan jasa tour guide.

paket private wisata bromo madakaripura paket private wisata tumpak sewu paket wisata private trip b29 bromo tumpak sewu

sewa jeep wisata gunung bromo

COMMENTS

Nama

adventure,6,banyuwangi,1,batu,1,blue fire,2,bromo,6,budug asu,1,bukit cinta,1,bukit kingkong,1,bukit mentigen,1,bukit teletubbies,1,bukit widodaren,1,coban talun,1,destinasi,1,goa tetes,1,gunung bromo,1,gunung ijen,1,highlight,5,informasi,37,jeep batu,1,jeep bromo,7,jeep gunung,7,jeep malang,1,jeep pasuruan,1,jeep probolinggo,1,jeep surabaya,1,jeep tumpang,1,jeep wisata,1,kawah bromo,1,kawah ijen,2,lumajang,2,madakaripura,1,malang,2,offroad,3,pananjakan 1,1,panorama,3,pasir berbisik,1,pos dingklik,1,pulau gili labak,1,pulau menjangan,1,pulau tabuhan,2,puncak b29,1,pura luhur poten,1,semeru lava tour,1,seruni point,1,spot foto,1,suku tengger,1,sunrise,1,sunrise point,7,tiket bromo,2,tripbromo,1,tumpak sewu,1,wisata air terjun,3,wisata alam,3,wisata bahari,2,wisata baluran,1,wisata bromo,21,wisata gunung,17,wisata ijen,2,wisata pantai,2,wisata pulau,1,yadnya kasada,1,
ltr
item
Wisata Bromo Sunrise: Air Terjun Abadi Madakaripura Bromo
Air Terjun Abadi Madakaripura Bromo
Air Terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa dan kedua di Indonesia, di kenal sebagai Air terjun Abadi di lereng Gunung Bromo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6GIBWz0yi4FtRCvjb9jKQ_ss9CCu2EDVSJQ9f9X5smRWfa7_GxwfJ9GNoKO0aHsvstzh-fW1ZK9yY_F8vpevru8RjBHanwC5hMlBH_uGhwkfGTA_2TXZ_slkUu2neKxSQCG0vnqMcrsOJAtkaU5IapzOyZAE1m-59QndkhfQvKJV_uzDTlz0He_ox/s1600/air-terjun-madakaripura-bromo.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6GIBWz0yi4FtRCvjb9jKQ_ss9CCu2EDVSJQ9f9X5smRWfa7_GxwfJ9GNoKO0aHsvstzh-fW1ZK9yY_F8vpevru8RjBHanwC5hMlBH_uGhwkfGTA_2TXZ_slkUu2neKxSQCG0vnqMcrsOJAtkaU5IapzOyZAE1m-59QndkhfQvKJV_uzDTlz0He_ox/s72-c/air-terjun-madakaripura-bromo.png
Wisata Bromo Sunrise
https://www.sunrisebromo.com/2023/01/air-terjun-madakaripura-bromo.html
https://www.sunrisebromo.com/
https://www.sunrisebromo.com/
https://www.sunrisebromo.com/2023/01/air-terjun-madakaripura-bromo.html
true
6973268863767705821
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content